5 Cara Flossing Gigi yang Tepat dan Aman Sesuai Anjuran

5 Cara Flossing Gigi yang Tepat dan Aman Sesuai Anjuran

Bagaimana cara flossing gigi yang tepat dan aman sesuai anjuran? Flossing merupakan teknik membersihkan sisi dengan memanfaatkan benang. Cara ini terbukti efektif untuk membersihkan gigi Anda selain hanya dengan menggosoknya menggunakan sikat gigi.

Akan tetapi, masih banyak yang belum memahami pentingnya flossing dan bagaimana cara melakukannya. Pada dasarnya, teknik ini bertujuan untuk menghilangkan plak. Namun, flossing yang salah malah menyebabkan masalah yang tentu tidak Anda inginkan.

Seberapa Penting Flossing untuk Kebersihan Gigi?

Menyikat gigi menjadi aktivitas yang wajib Anda lakukan. Tujuannya sudah jelas untuk membersihkan gigi serta menjaga napasmu agar tetap segar sehingga Anda tetap percaya diri. Akan tetapi, ada cara lain yang bisa Anda lakukan untuk membuat gigi tetap bersih yaitu melalui teknik flossing ini.

Flossing mampu menghilangkan plak serta sisa makanan yang menempel dan menyangkut di sela-sela gigi. Biasanya plak serta sisa makanan tersebut tidak dapat dijangkau dan dibersihkan oleh sikat gigi. Selain itu, flossing juga membantu menurunkan risiko penyakit gusi serta gingivitis. Maka dari itu, sangat penting membersihkan gigi dengan benang gigi sehingga kebersihan gigi serta mulut tetap terjaga.

5 Cara Flossing Gigi yang Tepat dan Aman

cara flossing gigi yang tepat dan aman sesuai anjuran
Image by Mudassar Iqbal from Pixabay

Cara flossing gigi yang tepat dilakukan dengan persiapan yang tepat juga. Sebagai tambahan bahwa harga benang gigi cenderung bermacam-macam. Namun secara umum, jenisnya yaitu:

  • Dental tape, benang yang bentuknya rata dan lebar seperti pita. Biasanya digunakan untuk orang berbehel maupun mempunyai sela gigi yang berukuran besar.
  • Standard floss, benang gigi yang terbuat dari nilon. Nilon yang digunakan sangat tipis sehingga memudahkan benang tersebut masuk ke sela-sela gigi. Alat ini dijual dengan maupun tanpa rasa, serta dengan maupun tanpa lilin. Jika Anda mempunyai gigi yang jaraknya berdekatan, Anda harus memiliki dental floss yang memiliki lapisan lilin.
  • Super flosses, benang yang dipakai untuk pengguna behel. Biasanya para pemilik gigi palsu atau dental bridge juga menggunakan super flosses, begitu juga dental gaps. Alat tersebut mempunyai benang bertekstur kaku pada bagian ujungnya

Langkah Flossing Gigi yang Benar

Seperti penjelasan sebelumnya, memakai cara flossing juga harus benar. Anda tidak bisa melakukannya asal-asalan karena berpotensi menyebabkan kerusakan pada gigi serta gusi. Untuk menghindari permasalahan tersebut, berikut cara flossing gigi yang benar.

Langkah 1

Siapkan benang serta potong dengan panjang kurang lebih 45 sentimeter. Kemudian, Anda bisa mulai melilitkan benang tersebut ke jari tengah pada kedua tangan.

Langkah 2

Setelah Anda melilitkan benang ke jari tengah, sekarang pegang erat benang gigi menggunakan jari telunjuk serta ibu jari. Kemudian Anda harus menyisakan sekitar 2 sampai 5 sentimeter untuk melakukan flossing gigi.

Langkah 3

Cara flossing gigi berikutnya yaitu mulai masukkan benang tersebut ke sela-sela gigi. Usahakan untuk melakukan flossing di depan cermin agar Anda bisa benar-benar tahu posisi benang tersebut dan gigi mana yang Anda bersihkan sela-selanya.

Langkah 4

Anda juga harus memperhatikan gerakan benang gigi tersebut. gerakkan naik serta turun secara perlahan. Selain itu, jangan sampai menggerakkannya terlalu keras. Ini bisa mengakibatkan masalah pada gusi, misalnya gusi akan terluka hingga berdarah.

Langkah 5

Pada saat hampir mengenai bagian bawah gigi yang dekat ke gusi, jangan lupa melingkari benang pada gigi sebelahnya sehingga nanti membentuk seperti huruf “C”. Lalu Anda juga harus menggesek benang tersebut secara perlahan (naik turun).

Terapkan cara ini sampai bagian bawah gigi benar-benar bersih lalu pindah ke gigi yang lainnya. Ketika sudah selesai, Anda bisa mulai berkumur untuk membersihkan gigi. Ingat, jangan gunakan benang yang sebelumnya sudah Anda gunakan.

Hal ini berbahaya karena dapat memicu perkembangbiakan bakteri. Sebelum flossing, Anda juga perlu menyikat gigi agar mengurangi sisa makanan. Ini karena benang gigi hanya digunakan untuk menjangkau sisa makanan yang tidak dapat dijangkau sikat gigi.

Sudah Paham Cara Flossing Gigi yang Benar?

Sekian informasi cara flossing gigi yang benar dari RSGM UNIMUS. Jangan lupa untuk rutin mengecek kesehatan gigi dan mulut di RSGM Unimus. Link pendaftaran sudah tersedia di website resminya. Semoga bermanfaat.

 

References:

hellosehat.com/gigi-mulut/perawatan-oral/cara-flossing-gigi/

www.halodoc.com/artikel/5-cara-menggunakan-benang-gigi-untuk-perawatan-kesehatan-mulut

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Last Post