Layanan Kedokteran Gigi Anak

APA ITU KEDOKTERAN GIGI ANAK? 

Kedokteran gigi anak merupakan bidang kedokteran gigi yang bertujuan mencegah dan merawat penyakit pada gigi dan mulut secara komprehensif, baik pada anak yang normal maupun anak dengan berkebutuhan khusus. Spesialis kedokteran gigi anak melayani anak mulai sejak lahir hingga usia remaja. Keberhasilan pedodonti bergantung pada pemeriksaan mulut dini. Sehingga, akar dari masalah gigi dapat terdeteksi dan diatasi dengan segera. Hal ini dapat mencegah makin parahnya kerusakan gigi anak. 

MENGAPA KE KEDOKTERAN GIGI ANAK? 

  • Merawat gigi anak dan memastikan gigi permanen anak tumbuh dan berkembang dengan baik. 
  • Mengedukasi orang tua untuk menjaga dan memantau pertumbuhan gigi dan rahang anak sehingga dapat mendeteksi potensi gangguan. 
  • Membantu mencegah atau mengobati gigi yang miring letaknya dan berjejal. Karena, kedua kondisi ini meningkatkan risiko pembusukan gigi dan masalah akibat kebersihan gigi yang buruk. 
  • Mengobati masalah gigi dan mulut pada anak sebelum kondisinya bertambah parah. 

Tekad Spesialis Kedokteran Gigi Anak RSGM Unimus  

  • Menyehatkan gigi anak-anak, membuat anak di rawat dengan tenang dan senang. 
  • Berkomitmen untuk membantu penanganan kesehatan gigi anak-anak yang berkebutuhan khusus. 
  • Berkomitmen berkomunikasi secara terbuka dengan orang tua dalam pelaksanaan tindakan kesehatan gigi anak. 
  • Berkomitmen membantu orangtua dalam pencegahan penyakit gigi dan mulut pada anak. 
  • Bersama-sama dengan orang tua menyelesaikan permasalahan kesehatan gigi pada anak-anak. 

Pelayanan Spesialis Kedokteran Gigi Anak RSGM Unimus 

  1. Penambalan gigi anak 
  1. Pencabutan gigi anak 
  1. Perawatan ortodonti untuk anak 
  1. Pembuatan mahkota gigi anak 
  1. Pencegahan gigi berjejal anak 
  1. Pencegahan terjadinya gigi berlubang 
  1. Perawatan kesehatan gigi anak berkebutuhan khusus 

Tidak semua penyakit yang dialami seseorang dapat ditangani oleh dokter umum. Dalam arti, pada situasi dan kondisi tertentu karena keterbatasan fasilitas dan kompetensi beberapa penyakit hanya dapat ditangani oleh dokter khusus atau dokter spesialis.

Dokter spesialis anak atau ahli pediatri adalah dokter yang memiliki fokus pada kesehatan fisik, mental, emosional, tumbuh kembang, dan sosial anak-anak. Selain itu juga juga, dokter spesialis anak bertugas memberikan tindakan pencegahan pada anak yang sehat salah satunya melalui pemberian vaksinasi serta memberikan pengobatan pada anak yang sehat baik penyakit akut maupun kronis.

Ukuran tubuh yang berbeda diikuti dengan perubahan pendewasaan merupakan perbedaan utama yang dapat langsung kita kenali. Ukuran tubuh yang lebih kecil pada bayi atau neonatus akan memengaruhi perbedaan fisiologis anak dari dewasa. Penyakit turunan, variasi genetic, dan masalah pertumbuhan merupakan masalah yang umum dihadapi dokter anak. Pepatah umumnya mengatakan bahwa anak-anak bukanlah “orang dewasa kecil”, sehingga tenaga kesehatan harus memahami fisiologi yang belum matang pada bayi atau anak-anak saat mempertimbangkan gejala, meresepkan obat, dan mendiagnosis penyakit.

Fisiologi anak langsung memengaruhi sifat farmakokinetik obat yang memasuki tubuh. Absorpsi, distribusi, metabolisme, dan eliminasi obat berbeda antar anak dan orang dewasa. Meskipun demikian, masih belum ada penelitian dan kajian yang menyeluruh untuk membedakan kedua kelompok usia ini, maka dari ini masih diperlukan penelitian lanjutan untuk lebih memahami bagaimana faktor-faktor ini dapat memengaruhi keputusan yang diambil tenaga kesehatan saat meresepkan dan memberikan obat untuk populasi pediatrik.

Pelayanan yang dilakukan oleh dokter spesialis anak, diantaranya:

  1. Konsultasi dan pemeriksaan
    Sebelum dilakukan pemeriksaan kesehatan secara komprehensif, biasanya orangtua pasien melakukan konsultasi terlebih dahulu dengan dokter terkait keluhan atau masalah kesehatan yang terjadi pada anaknya. Dokter akan menggali informasi lebih dalam kepada orangtua pasien agar dapat menegakkan diagnosa sehingga dapat memberikan rekomendasi perawatan atau tindakan medis selanjutnya.
  2. Konsultasi laktasi (Ibu menyusui)
    Konsultan laktasi bertugas untuk membantu ibu menyusui yang mengalami kesulitan saat menyusui bayinya. Dengan dukungan dan informasi yang tepat dari konsultan laktasi, proses menyusui pun bisa menjadi lebih mudah.
  3. Injeksi / Vaksin
    Vaksinasi adalah imunisasi aktif dengan pemberian vaksin yang dapat merangsang pembentukan imunitas dari sistem imun di dalam tubuh, sehingga membentuk kekebalan atau imunitas tubuh terhadap ancaman penyakit tertentu.
  4. Nebulisasi
    Nebulisasi adalah pengobatan yang menggunakan alat nebulizer biasanya diberikan pada penderita gangguan pernapasan dengan cara dihirup sehingga obat lebih mudah masuk ke paru-paru.

Segera bawa ke dokter spesialis anak, jika anak mengalami beberapa kondisi seperti di bawah ini:

  • Demam
  • Muntah atau diare berat
  • Dehidrasi
  • Kejang
  • Gangguan pernapasan seperti batuk dan pilek yang tidak kunjung sembuh atau menyebabkan gejala berat seperti sesak napas
  • Nyeri saat buang air kecil
  • Muncul ruam
  • Anak mengalami masalah tumbuh kembang
  • Bayi terlahir prematur

Bagaimanapun juga menjaga kesehatan lebih baik daripada mengobati terlebih bagi kesehatan anak. Sehingga sangat penting bagi orangtua untuk lebih memperhatikan dan lebih peduli terhadap kondisi kesehatan anak.

Get in Touch

Hubungi Kami
IGD : 024 7641 7005
CS : 024 7660 1007
Email
rsgm@unimus.ac.id

Pendaftaran

Untuk pendaftaran pasien bisa dilakukan dengan klik tombol di bawah

RSGMUNIMUS

Tim dokter spesialis gigi memastikan Anda untuk mendapatkan perawatan terbaik di RSGM Unimus.

Social Networks

Pastikan follow akun sosial media RSGM Unimus untuk mendapatkan informasi terbaru.

Copyright 2022 RSGM Unimus Semarang.

Copyright 2022 RSGM Unimus Semarang.